PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMK PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR

Main Author: ANI ASMARA , 1413043004
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56826/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56826/19/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56826/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56826/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan dan pelaksanaan belajar tari Bedana pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK PGRI Pasir Sakti menggunakan metode cooperative learning tipe Group Investigation. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 18 siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dalam pembelajaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini didasari pada teori kontruktivisme dimana siswa mendapatkan pengetahuan tidak hanya dari guru tapi siswa dapat aktif membangun pengetahunnya sendiri melalui pengalaman pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya di analisis secara deskriptif kualitatif. Langkah-langkah penggunaan metode group investigation, mengatur siswa ke dalam kelompok, merencanakan tugas yang akan dipelajari, melaksanakan investigasi, menyiapkan laporan akhir, mempresentasikan laporan akhir, dan evaluasi. Penilaian diberikan melalui pengamatan terhadap aktivitas siswa dengan aspek visual avtivities, listening activities, motor activities. Penggunaan metode cooperative learning tipe Group Investigation dalam pembelajaran tari bedana menunjukkan bahwa penilaian siswa masuk dalam kriteria cukup. Kata Kunci : cooperatif learning, group investigation, tari bedana ABSTRACT This research was aimed to describe the used and implementation of Bedana dance learning in extracurricular activity at SMK PGRI Pasir Sakti by using cooperative learning method, group investigation type. This study used descriptive qualitative research. The sources of data taken in this research were 18 students who attended extracurricular activities ini learning. The theory used in this study is based on contructivism theory ini which students get knowledge not only from the teacher but students can actively make their own knowledge through learning experience. The data collecting technique were participant observation, interview,and documentation. The collected data is the analyzed descriptively qualitatively. The steps in using Group investigation method were arranging the students into group, planning the assignment that would be learnt, conducting investigation, preparing the final report, presenting the final report, and evaluating. Assessment is given through the activities of students with visual activity, listening activities, motor activities. The implementation of bedana dance learning using the cooperative method type Group Investigation shows that students are included in sufficient criteria. Keywords: bedana dance, cooperative learning, group investigation