PEMANASAN ZUMBA DALAM EKSTRAKURIKULER PEMBELAJARAN TARI KREASI DI SMA PANGUDI LUHUR BANDAR LAMPUNG

Main Author: TABITA MAGDALENA LUBIS, 1513043026
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56822/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56822/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56822/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56822/
Daftar Isi:
  • Pemanasan (warm up) adalah kerja gerak aktif dan pasif, baik secara umum maupun khusus dalam mempersiapkan tubuh dan psikis secara optimal sebelum latihan. Zumba merupakan perpaduan tarian dengan senam aerobik yang memiliki proporsi 70% tarian dan 30% senam aerobik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses pemanasan zumba dalam ekstrakurikuler pembelajaran tari kreasi di SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung. Penelitian dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan proses pemanasan zumba dalam ekstrakurikuler pembelajaran tari kreasi di SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung dengan berlandaskan teori behavioristik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan mengamati secara langsung proses pemanasan zumba dalam ekstrakurikuler pembelajaran tari kreasi. Sumber data diperoleh dari guru dan 7 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Proses pemanasan zumba dilakukan pada kegiatan pembuka yang berlangsung 5-10 menit. Guru menjadi instruktur gerak yang menyesuaikan musik zumba dan siswa mengikuti instruksi gerak guru dan musik zumba sesuai kemampuan masing-masing. Adapun hasil dalam penelitian selama 6 pertemuan ini menunjukkan bahwa pemanasan zumba mendukung aktivitas siswa mulai dari aktivitas visual, listening, motor, mental dan emotional. Kata kunci: Pemanasan, Respon, Stimulus, Tari Kreasi, Zumba ABSTRACT Warming up is the work of active and passive motions, both in general and specifically in preparing the body and psyche optimally before training. Zumba is a combination of dance with proportion of 70% dance and 30% aerobic exercise. The formulation of the problem in this study is how the process of warm up zumba in extracurricular creative learning at Pangudi Luhur High School, Bandar Lampung. The study was conducting with the aim of describing warm up zumba process in creative dance learning extracurricular activities at Bandar Lampung's Pangudi Luhur High School based on the behavioristic theory. The type of research used descriptive research through a qualitative approach by observing directly the process of warm up zumba in extracurricular learning dance creations. Data sources were obtaining from a teacher and 7 students. Data collection techniques are observation, interviews and documentation then analyze the data with the stages of data reduction, data presentation and conclusions. The zumba warming up process is carried out in the opening activity which lasts 5-10 minutes. The teacher becomes a motion instructor who adjusts zumba music and students follow the teacher's instruction and zumba music according to their respective abilities. The results of the 6 meetings show that zumba warming supports student activities ranging from visual activities, listening, motor, mental and emotional. Keywords: Dance Creation, Response, Stimulus, Warming up, Zumba