ANALISIS STRATEGI BISNIS RUMAH MAKAN MISTER GEPREK DI RAJABASA BANDARLAMPUNG

Main Author: MIRNA PURNAMASARI, 1411011077
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56774/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56774/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56774/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56774/
Daftar Isi:
  • Bisnis kuliner saat ini telah menjadi bisnis yang populer di masyarakat. Salah satu bisnis kuliner yang sedang berkembang pesat yaitu bisnis Rumah Makan Mister Geprek. Rumah Makan Mister Geprek menghadapi persaingan yang cukup ketat baik dari pesaing sajian sejenis maupun dari kuliner lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis apakah yang tepat bagi mister geprek dalam menghadapi persainganya. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan alat analisis strategi bisnis seperti IFE dan EFE, matriks IE, SWOT, matriks BCG serta pemilihan alternatif strategi perioritas dengan menggunakan metode QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Makan Mister Geprek berada pada posisi mempertahankan dan memelihara pada matriks IE, dan posisi tanda tanya pada matriks BCG. Hasil analisis SWOT dihasilkan sembilan strategi yang kemudian diperioritaskan dengan metode QSPM dan dihasilkan dua alternatif strategi utama yaitu menjaga kualitas mutu produk dan melakukan inovasi produk. Saran untuk Rumah Makan Mister Geprek sebaiknya terus menjaga kualitas mutu produk, melakukan inovasi produk, menambah kerja sama dengan berbagai pihak, memperluas pangsa pasar dengan promosi yang efektif, menggunakan teknologi terkini, meningkatkan kemampuan manajemen, meningkatkan keefektifan promosi, melakukan inovasi pemasaran, dan melakukan evaluasi pemasaran. Kata kunci: Rumah Makan Mister Geprek, IFE, EFE, IE , SWOT, BCG, QSPM