PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG DIMEDIASI OLEH VARIABEL WORD OF MOUTH (Studi Kasus Pada Usaha Barbershop di Kabupaten Tulang Bawang Barat)

Main Author: ANAS KHAIR PRIKURNIA , 1726061002
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56770/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56770/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56770/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56770/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen yang dimediasi oleh variabel word of mouth pada usaha barbershop di Tulang Bawang Barat, pengaruh word of mouth dalam memediasi kualitas pelayanan,harga, dan nilai pelanggan terhadap kepuasan konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah menggunakan jasa barbershop. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik persamaan struktural yang secara simultan dapat melakukan pengujian model pengukuran sekaligus pengujian model struktural dengan alat uji Smart PLS (Partial Least Square) versi 3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen pada usaha barbershop di Kabupaten Tulang Bawang Barat dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan dan variabel harga, variabel nilai pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan dan harga yang dimediasi word of mouth berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, adapun variabel nilai pelanggan yang dimediasi variabel word of mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Kata kunci : Kualitas pelayanan, harga, nilai pelanggan, word of mouth, dan kepuasan konsumen ABSTRACT The purpose of this study is to determine the influence of service quality, price and customer value on customer satisfaction which is mediated by the word of mouth variable in barbershop business in Tulang Bawang Barat, the influence of word of mouth in mediating service quality, price, and customer value on customer satisfaction. The sample in this study were consumers who have used barbershop services. The data analysis of this study was structural equation techniques which simultaneously can test measurement models while testing structural models with version 3 Smart PLS (Partial Least Square) test equipment. The results of this study indicate that consumer satisfaction in the barbershop business in Tulang Bawang Barat Regency is influenced by service quality variables and price variables, but variable of customer value does not significantly influence customer satisfaction. Service quality and price mediated by word of mouth have a significant effect on customer satisfaction, while the variable of customer value mediated by word of mouth variables have no significant effect on customer satisfaction variables. Keywords: Service quality, price, customer value, word of mouth, and customer satisfaction