Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan ingin memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran gerak dasar lempar lembing pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Sidodadi Asri Kecamatan Jati Agung Tahun Pelajaran 2012/2013 tercapai keberhasilan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa dengan perincian 10 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen yang dipakai adalah penilaian kualitas gerak dasar dribble bola dengan rentang nilai 0-1. Teknik analisis data menggunakan prosentasi ketuntasan belajar setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama dengan menggunakan alat modifikasi berupa : berupa bola berekor, maka ada peningkatan terhadap gerak dasar lembar lembing yaitu jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar adalah siswa atau 20 %, pada siklus kedua meningkat menjadi 44% dan pada siklus ketiga meningkat menjadi 80% hanya menyisakan 5 siswa lagi yang belum tuntas sehingga pada siklus ketiga penelitian selesai. Berdasarkan hasil penelitian, dapat peneliti simpulkan bahwa dengan menggunakan modifikasi alat pembelajaran gerak dasar lembar lembing pada siswa-siswi kelas V SD Negeri 1 Sidodadi Asri Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkat.