ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI FISIKA KELAS X SMA DI BANDARLAMPUNG

Main Author: Nur Faizah Akmala, 1513022023
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56760/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56760/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56760/4/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56760/
Daftar Isi:
  • ii ABSTRAK ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI FISIKA KELAS X SMA DI BANDARLAMPUNG Oleh Nur Faizah Akmala Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Fisika kelas X SMA di Bandarlampung. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif yang diujikan kepada 456 responden yang berada di Bandarlampung dengan menggunakan instrumen tes yang telah di uji validitas untuk mengetahui layak tidaknya instrumen yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan persentase kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Fisika kelas X SMA di Bandarlampung terkategori rendah dengan nilai rata-rata sebesar 4,4. Selanjutnya digolongkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu pada level berpikir C4 (menganalisis) terkategori cukup tinggi dengan nilai rata-rata 6,5, C5 (mengevaluasi) , dan C6 (mencipta) terkategori rendah dengan nilai rata-rata 2,8 dan 2,9. Selanjutnya menggunakan uji Independent sampel T-Test untuk menentukan berbedaan nilai rata-rata yang dimiliki siswa laki-laki dan perempuan iii Nur Faizah Akmala yaitu mendapatkan hasil sebesar 0,63 > 0,05 dan dinyatakan tidak terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materifisika kelas X SMA di Bandarlampung, Kata kunci: Analisis, Hukum Newton, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Fisika SMA