PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAGELARAN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: Desiana Hanifan, 1113033014
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN LMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56757/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56757/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56757/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56757/
Daftar Isi:
  • Kunci terpenting dari tercapainya suatu tujuan pembelajaran adalah terletak pada proses pembelajaran yang berlangsung di kelas. Dalam proses pembelajaran di sekolah, guru merupakan sumber daya dan berperan penting dalam proses pembelajaran, sehingga guru harus menguasai keterampilan dasar mengajar salah satunya keterampilan bertanya. Ada dua komponen keterampilan bertanya yaitu keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut. Dengan teknik keterampilan bertanya yang benar maka diharapkan akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Pagelaran Pringsewu Tahun Ajaran 2017/2018?. Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh yang signifikan Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Pagelaran Pringsewu Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Teknik sampling yang digunakan ialah Random Sampling sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ini ialah menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran dengan Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pagelaran Pringsewu Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dengan menggunakan uji t sebesar 4,113 yang mana lebih besar dari nilai ttabel = 1,704 (thitung >ttabel) hal ini berarti apabila keterampilan bertanya guru semakin baik motivasi siswa akan semakin baik, sehingga keterampilan bertanya guru dapat digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran khususnya Mata Pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.