MOTIVASI MAHASISWA MENGUNJUNGI KEDAI KOPI DI BANDAR LAMPUNG
Main Author: | AGUNG PRATAMA , 1416011005 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/56741/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/56741/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/56741/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/56741/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memotivasi mahasiswa mengunjungi kedai kopi di Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi kelapangan, wawancara dengan informan dan dokumentasi hasil penelitian. Teknik Analisis Data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya dari kedai kopi dalam menarik minat mahasiswa untuk berkunjung, ketiga kedai kopi tersebut memberikan fasilitas maupun pelayanan berbeda namun bertujuan sama agar konsumen merasa nyaman ketika berkunjung ke tempat mereka, selain fasilitas pelayanan harga juga mempengaruhi mahasiswa untuk berkunjung. Motivasi Intrinsik mahasiswa mengunjungi kedai kopi karena mereka memiliki rasa penasaran terhadap rasa kopi yang disajikan, mencari suasana yang nyaman dan untuk mencari inspirasi terhadap hal-hal yang sedang dikerjakan. Sedangkan motivasi ekstrinsik mahasiswa yaitu karena aspek pergaulan, efek sosial media, harga, brand dan kualitas rasa kopi yang ditawarkan oleh setiap tempat berbeda. Saran penelitian ini agar mereka meningkatkan kualitas pelayanan dan memperhatikan harga agar sesuai dengan kondisi mahasiswa. Kata kunci: motivasi, mahasiswa, kedai kopi. STUDENTS MOTIVATION TO VISIT COFFEE SHOPS IN BANDAR LAMPUNG This study aims to determine the factors that motivate students to visit coffee shops in Bandar Lampung. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The types of data sources in this study are primary data and secondary data. Data collection techniques are carried out by field observations, interviews with informants and documentation of research results. Data Analysis Techniques use qualitative data analysis techniques. Based on the results of the study it can be concluded that the efforts of the coffee shop in attracting students to visit, the three coffee shops provide different facilities and services but aim equally so that consumers feel comfortable when visiting their place, besides the price service facilities also affect students to visit. Intrinsic Motivation students visit coffee shops because they have a sense of curiosity about the taste of coffee served, looking for a comfortable atmosphere and to look for inspiration for things that are being worked on. While the extrinsic motivation of students is because of the social aspects, the effect of social media, the price, brand and quality of coffee taste offered by each place is different. The suggest of this research is the improve quality of service and pay attention to prices to suit the conditions of students. Keywords: motivation, students, coffee shops.