PENGARUH MODUL MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA

Main Author: Winarti Purnama Sari, 1513022002
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56735/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56735/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56735/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56735/
Daftar Isi:
  • Kemampuan siswa dalam memahami konsep fisika masih lemah, sehingga perlu menggunakan sumber belajar yang mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul multimedia berbasis android terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA pada materi fluida statis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 1 Raman Utara. Penelitian ini dilakukan dengan tipe pretest-posttest control group design. Data yang didapat kemudian diuji dengan analisi N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji effect size. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan pretest dan posttest dengan indikator pemahaman konsep. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan multimedia berbasis android berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,54 dan 0,31 dengan kategori sedang dan nilai effect size sebesar 2,8 dengan kategori besar. Hasil uji beda menggunakan independent sample t-test dengan tingkat signifikansi < 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan menggunakan modul multimedia berbasis android dan siswa yang menggunakan modul cetak. Kata kunci: fluida statis, modul multimedia berbasis android, pemahaman konsep.