KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SMP NEGERI 2 SIDOMULYO
Main Author: | EUIS RUSMINI, 1423031072 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/56725/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/56725/17/2.%20TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/56725/18/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/56725/ |
Daftar Isi:
- ABSTRACT PEDAGOGICAL COMPETENCE OF TEACHERS OF SOCIAL STUDIES EDUCATION AT SMP NEGERI 2 SIDOMULYO By EUIS RUSMINI Teachers of Social Studies Education at SMP Negeri 2 Sidomulyo. This research was conducted at SMPN 2 Sidomulyo. The study method used qualitative method. Key informants in this research are Social Studies Education teachers, school principal, and observer of Social Studies. The results of this study conclude that in general the pedagogical competence of teachers of Social Studies Education at SMPN 2 Sidomulyo good, and in particular: 1) mastery of the characteristics of learners is fair, 2) mastery of learning theory and principles of learning that educate is good, 3) curriculum development is very good, 4) the design of learning activities that educate is good, 5) the development of learners potentials is poor, 6) communication with learners is good, and 7) assessment and evaluation is good. Based on these findings, improvement of teachers’ pedagogic competence required advocacy, guidance, and intensive supervision, by both the principal and supervisor of Social Studies subjects. Keywords: competence, pedagogy, social studies teacher ABSTRAK KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SMP NEGERI 2 SIDOMULYO Oleh EUIS RUSMINI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 2 Sidomulyo. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sidomulyo. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, Informan pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial (IPS), kepala SMP Negeri 2 Sidomulyo, dan pengawas mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa secara umum kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial (IPS) SMP Negeri 2 Sidomulyo baik, dan secara khusus: 1) penguasaan karakteristik peserta didik cukup baik, 2) penguasaaan teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik baik, 3) pengembangan kurikulum sangat baik , 4) perancangan kegiatan pembelajaran yang mendidik baik, 5) pengembangan potensi peserta didik kurang baik, 6) komunikasi dengan peserta didik baik, serta 7) penilaian dan evaluasi baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan bahwa untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru diperlukan advokasi, bimbingan, dan pengawasan yang intensif, baik oleh kepala sekolah maupun pengawas mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kata kunci : kompetensi, pedagogik, guru ilmu pengetahuan sosial