PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: SANDY , 1413021065
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56684/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56684/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56684/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56684/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 348 siswa yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas dengan kemampuan matematis tiap kelas yang relatif sama. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa kelas VII-C dan VII-B. Desain penelitian yang digunakan yaitu the randomized posttest-only control group design. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U didapat bahwa data kemampuan representasi matematis siswa dengan discovery learning lebih tinggi daripada data kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: discovery learning, kemampuan representasi matematis.