PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TARI SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG
Main Author: | PUTRI MARIANI , 1513043003 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/56554/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/56554/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/56554/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/56554/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimana penggunaan media elearning dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari Sigeh Penguten dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media e-learning dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari Sigeh Penguten pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Yadika Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode langsung dengan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif yang akan menggambarkan dan menjelaskan masalah yang diteliti. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari guru seni budaya dan 5 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen penggunaan media e-learning, aktivitas guru dan instrumen penilaian tes praktik siswa. Data yang diperoleh dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Guru menggunakan media e-learning melalui enam tahapan yaitu, pada tahap pertama guru melibatkan kombinasi beragam media seperti video, laptop, proyektor dan speaker. Pada tahap kedua guru menyiapkan bahan-bahan pembuka menggunakan video. Pada tahap ketiga guru dan siswa mengamati video tari secara bersamaan. Pada tahap keempat guru kembali menyebutkan nama-nama ragam gerak pada saat video ditayangkan. Pada tahap kelima guru menginstruksikan siswa untuk mempraktikan ragam gerak yang sudah dipelajari dengan menggunakan video. Pada tahap keenam guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati video tari di rumah. Hasil belajar siswa mendapatkan kriteria baik sekali dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 85. Kata kunci: Media E-Learning, Pembelajaran, Tari Sigeh Penguten. abstract The formulation of the problem of the study to find out the use of e-learning media and student learning score in learning of Sigeh Penguten dance with describing the use of e-learning media and student learning score in Sigeh Penguten dance learning on extracurricular dance activities at SMA Yadika Bandar Lampung. This study was used direct method of descriptive research type through a qualitative approach that described and explained the problem under the study. The data sources in this study were obtained from art and culture teachers and 5 students. The research instruments were used e-learning media instruments, teacher activities and student practice test assessment instruments. The collecting data was carried out by observation, interview, documentation, data analysis, data presentation and data verification. The teacher used e-learning media through six phases, in the first phase the teacher involves a combination of various media such as videos, laptops, projectors and speakers. And in the second phase the teacher prepares the opening ingredients using the video. Then, in the third phase the teacher and the students observe dance videos simultaneously. In the fourth phase the teacher again mentions the name of various movements when the video is showed. The fifth phase the teacher instructs the students to practice the various movements that have been learned by the video. The sixth phase the teacher assigns the students to observe the dance video at home. Student learning score get very good criteria by the average of students is 85. Keywords: Media E-Learning, Learning, Sigeh Penguten Dance