PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LKPD DENGAN TAHAPAN POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Main Author: | YESHINTA SARI , 1623021015 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/56522/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/56522/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/56522/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/56522/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis masalah berbantuan LKPD dengan tahapan Polya dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan komunikasi matematis. Tahapan pengembangan ini dimulai dari studi pendahuluan, penyusunan sintak pembelajaran berbasis masalah, penyusunan LKPD dengan tahapan Polya, validasi, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 30 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Pembelajaran berbasis masalah berbantuan LKPD dengan tahapan Polya yang dikembangkan telah valid menurut ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli media. Hasil uji coba lapangan awal menunjukan bahwa pembelajaran berbasis masalah berbantuan LKPD dengan tahapan Polya termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji lapangan menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbantuan LKPD dengan tahapan Polya lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berbantuan LKPD dengan tahapan Polya efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbantuan LKPD dengan tahapan Polya dikategorikan tinggi. Kata kunci: komunikasi matematis, LKPD, pemecahan masalah Polya pembelajaran berbasis masalah. abstract This research aims to develop problem-based learning assisted worksheet based with the Polya stages and test its effectiveness on mathematical communication skills. The stages of development start from preliminary studies, the preparation of the syntax of problem-based learning, preparation of worksheet with the Polya's stages, validation, initial field trials, and field tests. The subject of this research was conducted on the eighth class students at SMP Negeri 30 Bandarlampung in the academic year of 2018/2019. This research data was obtained through tests of mathematical communication skills. problem-based learning assisted worksheet based with the Polya stages developed has been valid valid according to learning design experts, material experts and media experts. The results of the initial field trials showed that problem-based learning assisted worksheet based with the Polya stages was included in the excellent category. The results of field tests show that the mathematical communication skills of students using problem-based learning assisted worksheet based with the Polya stages are higher than the mathematical communication skills of students using conventional learning, so it can be concluded that problem-based learning assisted worksheet based with the Polya stages are effective for improving students' mathematical communication skills. Increased mathematical communication skills of students using problem-based learning assisted worksheet based with the Polya stages are categorized as high. Keywords: mathematical communication, worksheet, problem based learning, Polya problem solving.