PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 5 Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: APRILIANI PUTRI, 1413021009
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56518/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56518/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56518/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56518/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Terbanggi Besar semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-D yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan representasi matematis siswa diperoleh dari teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah Uji-t. Denngan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan representasi matemati siswa. Kata Kunci: Pendekatan , Representasi Matematis.