ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA PENGGEMUKAN SAPI POTONG SISTEM SWADANA MANDIRI DI KELOMPOK TERNAK CEMPAKA KECAMATAN PUNGGUR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH
Main Author: | WERDHI ANGGRAENI , 1114131133 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS PERTANIAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/56445/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/56445/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/56445/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/56445/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pendapatan dan saluran pemasaran usaha penggemukan sapi potong sistem swadana mandiri di Kelompok Ternak Cempaka Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus ditentukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Kelompok Ternak Cempaka merupakan kelompok ternak yang menjalankan program kemitraan dengan pihak swasta dalam usaha penggemukan sapi potong. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan usaha penggemukan sapi potong sistem swadana mandiri per 6 ekor adalah Rp 68.172.602,19, dan per 1 ekor adalah Rp 11.362.100,36. Usaha penggemukan sapi sistem swadana mandiri menguntungkan untuk diusahakan karena nilai R/C rasio > 1 (R/C rasio = 1,76). Pemasaran sapi potong sistem swadana mandiri hanya melalui satu saluran pemasaran, yaitu peternak PT GGL pedagang besar pedagang kecil konsumen. Kata kunci : penggemukan sapi potong, pendapatan , pemasaran, sapi potong The Income and Marketing Analysis of Beef Fatten Cattle Business with Self Funding System in Cempaka Livestock Group Punggur Subdistrict Central Lampung Regency This study was aims to analyze the income and marketing channel analysis of beef fatten cattle business with self funding system in Cempaka LivestockGroup Punggur Subdistrict Central Lampung Regency. This studyused a case study method determined purposively as the consideration that the Cempaka Livestock Group is a group which partnership program with the non government sector in the beef fatten cattlebusiness. The data are analyzed byqualitative and quantitative descriptive analysis. The study results show that the income of the beeffatten cattle business with self funding systemfor 6 tails isRp68.172.602,19 and fora tail isRp11.362.100,36. The beef fatten cattle business with self funding systemis profitable as the value of R/C ratio>1(R/C ratio = 1.76).The marketing of beef fatten cattle business with self funding systems only through one marketing channel, that isbreeder PT GGL, wholesalers, small traders consumer. Key words : beef cattle, beef fatten cattle, income, marketing.