PENGGUNAAN KONSELING GESTALT UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS SISWA PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | NISFHI LAILA SARI, 1343052007 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/56438/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/56438/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/56438/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/56438/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah self awareness siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan self awareness dengan menggunakan konseling gestalt. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Subjek penelitian sebanyak tiga siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling gestalt dapat meningkatkan kesadaran diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan ketiga subjek setelah pelaksanaan konseling gestalt yaitu: sadar akan keadaan fisiknya, sadar akan kemampuannya, dan tidak bergantung pada orang lain. Simpulan penelitian ini adalah konseling gestalt dapat meningkatkan kesadaran diri siswa kelas XI SMA Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci : bimbingan dan konseling, konseling gestalt, self awareness.