PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS POE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI PEMANTULAN DAN PEMBIASAN CAHAYA

Main Author: Nurul Ulil Amri, 1523022001
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56184/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56184/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56184/3/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56184/
Daftar Isi:
  • iii ABTRACT DEVELOPMENT OF STUDENT WORK SHEETS BASED ON POE PHYSICAL LEARNING IN LIGHTING AND LIGHTING MATERIALS By Nurul Ulil Amri The aims of this research is to develop worksheets based on Predict Observe Explain (POE) reflecting and refraction material. The population of this study were students of class XI MIPA 2 even semester SMAN 1 Abung Semuli. The study was conducted to determine the attractiveness, ease, usefulness and effectiveness of LKS products at SMAN 1 Abung Semuli. The research refers to the research and development (R & D) research and development adopted from the Borg N Gall model. The subjects of this study were 35 students of SMAN 1 Abung Semuli, North Lampung grade XI. The results of this development study are (1) produced POE-based worksheets in physics learning in the reflection and refraction material of class XI high school students worthy of being used as learning media through development procedures developed by Sugiyono, (2) POE-based worksheets on light reflection and refraction material for high school class XI is very easy, very interesting, and very useful, (3) the effectiveness of worksheets in terms of student learning results that the average score of the experimental group is better than the control group, (4) students' response to the use of POE-based worksheets was obtained by an average score of 93% with a very positive category. iv ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS POE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI PEMANTULAN DAN PEMBIASAN CAHAYA Oleh Nurul Ulil Amri Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis Predict Observe Explain (POE) materi pemantulan dan pembiasan cahaya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 semester genap SMAN 1 Abung Semuli. Penelitian dilakukan untuk mengetahui kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan produk LKS di SMAN 1 Abung Semuli. Penelitian mengacu pada desain penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) yang diadopsi dari model Borg N Gall. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI SMAN 1 Abung Semuli Lampung Utara. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) validitas LKS Fisika yang dikembangkan memenuhi kriteria valid menurut uji ahli ditinjau dari aspek desain dengan kriteria valid ditinjau dari aspek materi dengan kriteria valid, (2) kepraktisan LKS Fisika yang dikembangkan memenuhi kriteria baik ditinjau dari angket respon siswa pada aspek kemudahan, aspek kemenarikan dan aspek kemanfaatan, yang kesemuanya masuk kategori baik, (3) efektivitas LKS ditinjau dari hasil belajar siswa pada N Gain nilai pretes dan postes kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai pretes dan postes kelas kontrol, (4) respon siswa terhadap pemanfaatan LKS berbasis POE diperoleh rata-rata skor 93% dengan kategori sangat positif.