PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA AYO CINTA LINGKUNGAN KELAS IV

Main Author: APRIYANA , 1423053060
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56161/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56161/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56161/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56161/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk instrumen penilaian sikap sosial di kelas IV SD yang layak, valid dan reliabel. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan(Research & Development R&D), dengan pendekatan Borg dan Gall.Alat pengumpul data menggunakan lembar angket. Populasi penilitian ini 24 guru yang tergabung dalam Gugus Anggrek. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling dengan jumlah sampel 12 guru. Selanjutnya ditetapkan 3 siswa sebagai subjek uji terbatas, 9 siswa sebagai subjek uji diperluas dan 12 guru untuk uji lapangan, dengan 30 siswa sebagai objek penilaian. Data dianalisis untuk mengukur kelayakan isi melalui persentase penilaian ahli. Selanjutnya pengukuran validitas empiris menggunakan rumus Gregory dan uji reliabilitas instrumen dengan rumus Cohen Kappa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap sosial yang dikembangkan bersifat layak, valid dan reliabel. Kata Kunci : Pengembangan Instrumen, Penilaian Sikap Sosial, Pembelajaran Tematik ABSTRACT The aim of this research is to produce the decent, valid and reliable social attitude assesment’s instrument at the fourth grade of elementary school. This research was used Research and Development (R&D) method with Borg and Gall’s approach. In collecting the data the researcher was used questionnaires. Population of this research are 24 teachers ini Anggrek’s Cluster. The sample then taken by using purposive random sampling with 12 teachers as a total sample. Furthermore, 3 teachers is taken as limited testing subject, 7 teachers as preliminary field testing testing subject, 12 teachers as field testing subject, with 30 students as assesment’s object. The data was analyzed to measure the instrument’s content validity with expert judgement. Gregory’s formula also used to test the empirical validity then measure reliability by Cohen Kappa’s formula. Furthermore, result of this research shows that the social attitude assesment’s instrument that developed is valid and reliable. Key words: Instrument Development, Social Attitude Assessment, Thematic Learnin