PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS IV SD NEGERI 4 PAGELARAN
Main Author: | PRIMA SARI HANDAYANI, 1443053044 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/56135/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/56135/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/56135/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/56135/ |
ctrlnum |
56135 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR
PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TERPADU
KELAS IV SD NEGERI 4 PAGELARAN</title><creator> PRIMA SARI HANDAYANI, 1443053044</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan model kooperatif tipe example non example terhadap hasil belajar
peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi
experiment dengan menggunakan one grup pretest posttest design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Pagelaran yang
berjumlah 69 siswa dengan sampel penelitian menggunakan teknik random
sampling, sehingga sampel menjadi 35 siswa. Instumen yang digunakan adalah
tes. Analisis data menggunakan uji Paired T Test. Hasil analisis data nilai t hitung
> t tabel (6,8438 > 2, 0345), dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penerapan model koopertatif tipe example non example terhadap hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran terpadu di kelas IV SD Negeri 4 Pagelaran.
Kata Kunci : example non example, hasil belajar, pembelajaran terpadu

EFFECT OF TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL EXAMPLE
NON EXAMPLE ON LEARNING OUTCOMES PARTICIPANTS
ARE EDUCATED IN INTEGRATED LEARNING
CLASS IV SD NEGERI 4 PAGELARAN

The problem of this research is the still low learning outcomes of students in
integrated learning. This study aims to determine the effect of the application of
coopertative models of type non example on student learning outcomes. The
method used in this study was the quasi experiment method using one group
pretest posttest design. The population in this study were all fourth grade students
of SD Negeri 4 Pagelaran which amounted to 69 students with a sample of
research using random sampling technique. so the sample becomes 35 students.
The instrument used is a test. Data analysis using Paired T Test. The results of
data analysis are t count> t table (6.8438> 2, 0345), it can be concluded that there
is an influence of the application of coopertative models of type non example on
student learning outcomes in integrated learning in class IV SD Negeri 4
Pagelaran
Keywords : example non example, learning outcomes, integrated learning.</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2019-01-10</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/56135/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/56135/2/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/56135/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> PRIMA SARI HANDAYANI, 1443053044 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS IV SD NEGERI 4 PAGELARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/56135/</relation><recordID>56135</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
PRIMA SARI HANDAYANI, 1443053044 |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR
PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TERPADU
KELAS IV SD NEGERI 4 PAGELARAN |
publisher |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
publishDate |
2019 |
isbn |
9781443053044 |
topic |
LB Theory and practice of education LB1501 Primary Education |
url |
http://digilib.unila.ac.id/56135/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/56135/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/56135/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/56135/ |
contents |
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan model kooperatif tipe example non example terhadap hasil belajar
peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi
experiment dengan menggunakan one grup pretest posttest design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Pagelaran yang
berjumlah 69 siswa dengan sampel penelitian menggunakan teknik random
sampling, sehingga sampel menjadi 35 siswa. Instumen yang digunakan adalah
tes. Analisis data menggunakan uji Paired T Test. Hasil analisis data nilai t hitung
> t tabel (6,8438 > 2, 0345), dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penerapan model koopertatif tipe example non example terhadap hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran terpadu di kelas IV SD Negeri 4 Pagelaran.
Kata Kunci : example non example, hasil belajar, pembelajaran terpadu
EFFECT OF TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL EXAMPLE
NON EXAMPLE ON LEARNING OUTCOMES PARTICIPANTS
ARE EDUCATED IN INTEGRATED LEARNING
CLASS IV SD NEGERI 4 PAGELARAN
The problem of this research is the still low learning outcomes of students in
integrated learning. This study aims to determine the effect of the application of
coopertative models of type non example on student learning outcomes. The
method used in this study was the quasi experiment method using one group
pretest posttest design. The population in this study were all fourth grade students
of SD Negeri 4 Pagelaran which amounted to 69 students with a sample of
research using random sampling technique. so the sample becomes 35 students.
The instrument used is a test. Data analysis using Paired T Test. The results of
data analysis are t count> t table (6.8438> 2, 0345), it can be concluded that there
is an influence of the application of coopertative models of type non example on
student learning outcomes in integrated learning in class IV SD Negeri 4
Pagelaran
Keywords : example non example, learning outcomes, integrated learning. |
id |
IOS4198.56135 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2019-05-07T03:33:59Z |
last_indexed |
2019-05-07T03:33:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686097020880683008 |
score |
17.538404 |