EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 25 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Main Author: HADI RUDIYA, 1313021035
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56128/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56128/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56128/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56128/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sembilan kelas dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-H dan VIII-I yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah pretest- posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis berbentuk essay dan skala self confidence. Pengujian hipotesis menggunakan uji t’dan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, representasi matematis, self confidence