PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MODEL BLENDED LEARNING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Main Author: | DWI RISKA APRILIA, 1413022021 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/56126/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/56126/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/56126/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/56126/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) model Blended Learning berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi Usaha dan Energi yang teruji kelayakan dan kepraktisannya sehingga dapat digunakan pada pembelajaran Fisika di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development atau penelitian pengembangan model ADDIE dengan tahapan (1) analysis (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Dilakukan uji validitas produk yang terdiri atas uji isi dan uji konstruk dengan tiga orang ahli. Uji isi/materi diperoleh skor 3,25 (valid), dan uji konstruk/desain dengan skor 3,28 (sangat valid). Selanjutnya dilakukan uji 1-1 untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Uji 1-1 terdiri atas uji kemenarikan LKS dan uji kemudahan LKS dengan tiga orang siswa kelas XI MIA SMAN 14 Bandarlampung. Uji kemenarikan dengan skor 3,57 (sangat baik), uji kemudahan LKS dengan skor 3,77 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Model Blended Learning Berorientasi iii Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Usaha dan Energi layak digunakan dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Blended Learning, Higher Order Thinking Skills (HOTS)