TINDAK ILOKUSI SISWA KELAS VIII PADA KEGIATAN DISKUSI SMP AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Main Author: HESLINA , 1413041036
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/56041/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56041/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56041/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/56041/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah tindakilokusi siswa kelas VIII pada kegiatan diskusi SMP Al-Kautsar Bandar Lampung, sedangkan tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan tindak ilokusi siswa kelas VIII pada kegiatan diskusi SMP Al-Kautsar Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data diperoleh dari tuturan siswa kelas VIIIA SMP Al-Kautsar pada saat proses kegiatan diskusi. Pengumpulan data menggunakan teknik SLBC (simak libat bebas cakap), teknik catat, dan teknik observasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis heuristik. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui tindak tutur siswa dalam kegiatan diskusi bahasa Indonesia berupa tindak tutur asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Sementara itu, bentuk tindak tutur deklaratif tidak ditemukan saat penelitian. Tindak tutur asertif (menyatakan, mengusulkan, membual, mengeluh, mengemukakan pendapat, dan melaporkan); direktif (memesan, memerintah, meminta, merekomendasikan, dan memberi nasihat); komisif (menjanjikan, menawarkan, dan berkaul); ekspresif (mengucapkan terima kasih, mengucapkan selamat, memberi maaf, mengecam, dan berbela sungkawa). Tindak tutur tersebut dituturkan secara langsung maupun tidak langsung. Tindak tutur langsung ditemukan empat puluh tujuh data dengan modus tepat sasaran dan alasan/argumentasi, sedangkan tindak tutur tidak langsung ditemukan tujuh data dengan modus menyindir dan bertanya. Kata kunci: tindak ilokusi, kelangsungan tuturan, modus tuturan.