PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP TERMOKIMIA

Main Author: FERIYANDA PUTRATAMA , 1413023021
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55984/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55984/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55984/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55984/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Al- Azhar 3 Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 7 sebagai kelas kontrol. Pengaruh pembelajaran dibuktikan dengan besarnya nilai n-Gain, serta didukung uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan metode eksperimen meningkat, yang juga sesuai dengan perhitungan yang menunjukan bahwa nilai n-Gain kelas ekperimen lebih tinggi daripada nilai siswa di kelas kontrol Hasil perhitungan juga menunjukan bahwa hasil uji pengaruh kelas eksperimen sebesar 0,92 yang termasuk dalam kategori “besar”. Berdasarkan hasil tersebut, metode eksperimen berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia. Kata kunci:metode eksperimen, kemampuan berpikir kritis, penguasaan konsep, termokimia.