EFEKTIVITAS MODEL POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Main Author: SUSANA, 1513023019
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55983/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55983/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55983/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55983/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan model Process Orien-ted Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini ada-lah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Bandar Lampung semester ganjil tahun 2018/2019, sedangkan sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperi-men dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan model POGIL dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah serta praktikum. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan rata-rata skor n-Gain yang signifikan an-tara kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah diuji menggunakan uji perbe-daan dua rata-rata. Hasil tersebut ditunjang dengan rata-rata persentase aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang me-nunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen lebih ter-latih, serta model POGIL yang dilakukan oleh guru di kelas eksperimen telah ter-laksana dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpul-kan bahwa pembelajaran dengan model POGIL efektif untuk meningkatkan kete-rampilan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: Efektivitas model POGIL, kesetimbangan kimia, keterampilan berpikir kritis Susana