PENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEKS NARASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT LAMPUNG UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Main Author: ANA AYU NINGTIYAS , 1723041001
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55952/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55952/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55952/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55952/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengembangan LKPD menulis teks narasi berbasis kearifan lokal masyarakat Lampung. Tujuan penelitian yakni menghasilkan produk bahan ajar, mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar, dan menguji efektivitas bahan ajar berupa “LKPD Menulis Teks Narasi Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Lampung”. Metode penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall. Teknis pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket di tiga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berhasil dikembangkan bahan ajar berupa “LKPD Menulis Teks Narasi Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Lampung”, 2) kelayakan lembar kegiatan peserta didik secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi dengan persentase penilaian 94,8, 91,6, dan 95,1, 3) lembar kegiatan peserta didik efektif meningkatkan kemampuan menulis narasi pada masing-masing sekolah dengan nilai N-gain sebesar (0,46), (0,48), dan (0,45) termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: lembar kegiatan peserta didik, teks narasi, ABSTRACT This research deals with the development of narrative text writing LKPD. The research objectives are to produce teaching material, to describe the feasibility of the teaching material , and to test the effectiveness of the teaching materials in the form of Lampung Local Wisdom based narrative text writing LKPD. In this research, the researcher applied research and development design method adapting seven of the ten steps in the research and development procedures according to Borg and Gall. The data collection techniques were observation, interview, and questionnaire conducted in three schools. This study shows some points as the result 1) teaching materials in the form of "Lampung Local Wisdom Based of Narrative Text Writing LKP”, 2) the feasibility of the overall Student Activity Sheet was declared "very feasible" by the teaching material development experts, media experts, and practitioners with a percentage rating 94,8, 91.6, and 95.1, 3) Student Activity Sheets effectively improved the ability to write narratives texts. The N-gain value of (0.46), (0.48), and (0.45) medium category. Keywords: student activity sheet, narrative text, local wisdom