PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Main Author: | AHMAD NASRUDIN , 1523021043 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55946/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55946/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55946/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55946/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD dengan pendekatan saintifik yang valid, praktis dan efektif ditinjau dari peningkatan kemampuan dan disposisi pemahaman konsep matematis. Tahap Pengembangan dan penelitian ini yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan LKPD, validasi LKPD, dan uji lapangan. Subjek adalah peserta didik kelas VIIA SMP Negeri Satap 2 Pesawaran. Desain tahap uji lapangan adalah one group pretest-posttest design. Data penelitian diperoleh melalui angket, catatan lapangan, wawancara dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Analisis data kevalidan oleh ahli materi dan ahli media, diperoleh rata-rata skor 3,5 dan 3,6 sehingga keduanya dikategorikan sangat baik; uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan peserta didik diperoleh rata-rata skor 3,7 dan 3,13 keduanya dikategorikan sangat baik; uji efektivitas LKPD dengan pendekatan saintifik diperoleh gain sebesar 0,70 yang menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep termasuk dalam kriteria tinggi. Dari hasil observasi dan wawancara menunjukkan adanya disposisi pemahaman konsep matematis siswa yang muncul pada setiap pertemuan. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKPD dengan pendekatan saintifik valid, praktis, efektif untuk menumbuhkan kemampuan dan disposisi pemahaman konsep matematis. Kata kunci : LKPD, Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep Matematis, Disposisi Pemahaman Konsep Matematis. ABSTRACT The purpose of the research was to develop scientific approach worksheet that met the valid, practical and effective criteria improvement in ability and disposition of understanding mathematical concepts. Development phase of this research were preliminary studying, planning, developing worksheet, worksheet validation, and field test. The subjects were class VIIA students of SMP Negeri Satap 2 Pesawaran. The design of field test phase was one group pretest-posttest design. Research data obtained through questionnaire, field notes, interview and test of the ability in understanding mathematical concepts. Data analysis prevalence by material and media experts, gained the score of 3.5 and 3.6 so that both were categorized very well; practicality test by teacher and students obtained the average score 3.7 and 3.13 so that both categorized very well; and effectiveness test scientific approach worksheet gained of 0.70 which shown improvement of conceptual understanding skills included in high criterion. From the results of observations and interviews, there was a disposition of understanding the mathematical concepts of students that appeared at each meeting. Thus concluded that scientific approach worksheet was valid, practical and effective to grow the student’s ability and disposition of understanding mathematical concepts. Keywords: student’s worksheet, scientific approach, understanding mathematical concepts, disposition of understanding mathematical concepts.