PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGIPESERTA DIDIK

Main Author: FISKA FATRISIA KUSUMA , 1413024035
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55853/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55853/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55853/2/SKRIPSI%20TANPA%20%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55853/
ctrlnum 55853
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGIPESERTA DIDIK</title><creator>FISKA FATRISIA KUSUMA , 1413024035</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description> Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang penggunaan modeldiscovery learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik.Penelitian ini menggunakannon-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 22 Bandar lampung dengan sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIAsebagai kelas kontrol dan VIIFsebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data keterampilan kolaborasi diperoleh dari lembar observasi dan data keterampilan berpikir tingkat tinggidiperoleh dari skor pretest dan posttest. Datadianalisis secara deskriptif sedangkan skorpretest dan posttest dianalisis dengan uji Independent Sample t-Testpada taraf kepercayaan 5%. &#xD; &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.Hasil penelitian keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui skor pretest dan posttest kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,31 dan berkriteria sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,19 dan berkriteria rendah. jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dam keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik secara signifikan.&#xD; &#xD; Kata kunci : discovery learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan kolaborasi&#xD; </description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2019-02-12</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55853/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55853/3/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55853/2/SKRIPSI%20TANPA%20%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> FISKA FATRISIA KUSUMA , 1413024035 (2019) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGIPESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/55853/</relation><recordID>55853</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author FISKA FATRISIA KUSUMA , 1413024035
title PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGIPESERTA DIDIK
publisher FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
publishDate 2019
isbn 9781413024036
topic LB Theory and practice of education
QH301 Biology
url http://digilib.unila.ac.id/55853/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55853/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55853/2/SKRIPSI%20TANPA%20%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55853/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang penggunaan modeldiscovery learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik.Penelitian ini menggunakannon-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 22 Bandar lampung dengan sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIAsebagai kelas kontrol dan VIIFsebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data keterampilan kolaborasi diperoleh dari lembar observasi dan data keterampilan berpikir tingkat tinggidiperoleh dari skor pretest dan posttest. Datadianalisis secara deskriptif sedangkan skorpretest dan posttest dianalisis dengan uji Independent Sample t-Testpada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.Hasil penelitian keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui skor pretest dan posttest kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,31 dan berkriteria sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,19 dan berkriteria rendah. jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dam keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik secara signifikan. Kata kunci : discovery learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan kolaborasi
id IOS4198.55853
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2019-05-07T03:33:40Z
last_indexed 2019-05-07T03:33:40Z
recordtype dc
_version_ 1686096934653132800
score 17.538404