PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGIPESERTA DIDIK
Main Author: | FISKA FATRISIA KUSUMA , 1413024035 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55853/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55853/3/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55853/2/SKRIPSI%20TANPA%20%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55853/ |
ctrlnum |
55853 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGIPESERTA DIDIK</title><creator>FISKA FATRISIA KUSUMA , 1413024035</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description> Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang penggunaan modeldiscovery learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik.Penelitian ini menggunakannon-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 22 Bandar lampung dengan sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIAsebagai kelas kontrol dan VIIFsebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data keterampilan kolaborasi diperoleh dari lembar observasi dan data keterampilan berpikir tingkat tinggidiperoleh dari skor pretest dan posttest. Datadianalisis secara deskriptif sedangkan skorpretest dan posttest dianalisis dengan uji Independent Sample t-Testpada taraf kepercayaan 5%. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.Hasil penelitian keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui skor pretest dan posttest kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,31 dan berkriteria sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,19 dan berkriteria rendah. jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dam keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik secara signifikan.

Kata kunci : discovery learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan kolaborasi
</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2019-02-12</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55853/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55853/3/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55853/2/SKRIPSI%20TANPA%20%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> FISKA FATRISIA KUSUMA , 1413024035 (2019) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGIPESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/55853/</relation><recordID>55853</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
FISKA FATRISIA KUSUMA , 1413024035 |
title |
PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGIPESERTA DIDIK |
publisher |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
publishDate |
2019 |
isbn |
9781413024036 |
topic |
LB Theory and practice of education QH301 Biology |
url |
http://digilib.unila.ac.id/55853/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55853/3/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55853/2/SKRIPSI%20TANPA%20%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55853/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang penggunaan modeldiscovery learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik.Penelitian ini menggunakannon-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 22 Bandar lampung dengan sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIIAsebagai kelas kontrol dan VIIFsebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data keterampilan kolaborasi diperoleh dari lembar observasi dan data keterampilan berpikir tingkat tinggidiperoleh dari skor pretest dan posttest. Datadianalisis secara deskriptif sedangkan skorpretest dan posttest dianalisis dengan uji Independent Sample t-Testpada taraf kepercayaan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.Hasil penelitian keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui skor pretest dan posttest kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,31 dan berkriteria sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,19 dan berkriteria rendah. jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dam keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik secara signifikan.
Kata kunci : discovery learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan kolaborasi
|
id |
IOS4198.55853 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2019-05-07T03:33:40Z |
last_indexed |
2019-05-07T03:33:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096934653132800 |
score |
17.538404 |