PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CREATIVE LEARNING PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMP NEGERI 1 AMBARAWA
Main Author: | DONI WIBISONO , 1113043016 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55837/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55837/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55837/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55837/ |
ctrlnum |
55837 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER DENGAN
MENGGUNAKAN STRATEGI CREATIVE LEARNING PADA
KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMP NEGERI 1 AMBARAWA</title><creator> DONI WIBISONO , 1113043016</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>MT Musical instruction and study</subject><description>Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil
pembelajaran gerak tari muli siger dengan menggunakan strategi Creative
Learning pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 01 Ambarawa . Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran
gerak tari muli siger .
Sumber data dalam penelitian ini adalah 10 siswi kelas VII dan VIII yang
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan 1 guru pembimbing ekstrakurikuler.
Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data
deskriptif kualitatif diperoleh dari kualitas gerak siswa yang dilihat dari hasil tes
praktik dan pengamatan aktivitas belajar siswa serta aktivitas guru dalam
pembelajaran tari muli siger menggunakan strategi Creative Learning. Teknik
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengamatan, dokumentasi dan
wawancara. Teori yang digunakan adalah pembelajaran, tari muli siger dan
strategi pembelajaran creative learning.
Hasil pembelajaran dilihat pada akhir pembelajaran. Setelah dilaksanakan
pembelajaran gerak tari muli siger dengan menggunakan strategi Creative
Learning pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 01 Ambarawa ternyata 1
siswa mendapatkan kriteria Baik Sekali, 4 siswa mendapatkan kriteria Baik .
Selain itu 2 siswa mendapatkan kriteria Cukup. Sementara 3 siswa tidak
mendapatkan penilaian.
Kata kunci : pembelajaran, strategi creative learning, tari muli siger.

ABSTRACT

Formulation of the problem in this research was how the learning process and
learning outcomes of muli siger dance learning using creative learning strategy in
extracurricular activities at SMPN 01 Ambarawa. This reseach is aimed to
describe the process and result of learning muli siger dance.
Source of data in this study were 10 seven and eight grade student who
participated in extracurricular and 1 extracurricular teacher. This study design
was using qualitative descriptive research. Descriptive qualitative data obtained
from the quality of the student movement as seen from the result of practical test
and observations of student learning activities and the activities of teachers in
theaching muli siger dance using creative learning strategy. Data collecting
technique that used in this reseach were observation, documentation and
interview. The theories used in this study were learning, muli siger dance and
creative learning strategy.
The result of learning could be seen in the end of learning process. After did the
muli siger dance learning by using creative learning strategy, the data showed
there were 1 student who get a very good criteria, 4 students get a good criteria.
Then 2 students get a enough and 3 students is not have a value,
Key words: learning, creative learning strategy, muli siger dance.</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2018-12-19</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55837/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55837/2/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55837/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> DONI WIBISONO , 1113043016 (2018) PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CREATIVE LEARNING PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMP NEGERI 1 AMBARAWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/55837/</relation><recordID>55837</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
DONI WIBISONO , 1113043016 |
title |
PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER DENGAN
MENGGUNAKAN STRATEGI CREATIVE LEARNING PADA
KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMP NEGERI 1 AMBARAWA |
publisher |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
publishDate |
2018 |
isbn |
9781113043016 |
topic |
LB Theory and practice of education MT Musical instruction and study |
url |
http://digilib.unila.ac.id/55837/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55837/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55837/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55837/ |
contents |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil
pembelajaran gerak tari muli siger dengan menggunakan strategi Creative
Learning pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 01 Ambarawa . Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran
gerak tari muli siger .
Sumber data dalam penelitian ini adalah 10 siswi kelas VII dan VIII yang
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan 1 guru pembimbing ekstrakurikuler.
Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data
deskriptif kualitatif diperoleh dari kualitas gerak siswa yang dilihat dari hasil tes
praktik dan pengamatan aktivitas belajar siswa serta aktivitas guru dalam
pembelajaran tari muli siger menggunakan strategi Creative Learning. Teknik
yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengamatan, dokumentasi dan
wawancara. Teori yang digunakan adalah pembelajaran, tari muli siger dan
strategi pembelajaran creative learning.
Hasil pembelajaran dilihat pada akhir pembelajaran. Setelah dilaksanakan
pembelajaran gerak tari muli siger dengan menggunakan strategi Creative
Learning pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 01 Ambarawa ternyata 1
siswa mendapatkan kriteria Baik Sekali, 4 siswa mendapatkan kriteria Baik .
Selain itu 2 siswa mendapatkan kriteria Cukup. Sementara 3 siswa tidak
mendapatkan penilaian.
Kata kunci : pembelajaran, strategi creative learning, tari muli siger.
ABSTRACT
Formulation of the problem in this research was how the learning process and
learning outcomes of muli siger dance learning using creative learning strategy in
extracurricular activities at SMPN 01 Ambarawa. This reseach is aimed to
describe the process and result of learning muli siger dance.
Source of data in this study were 10 seven and eight grade student who
participated in extracurricular and 1 extracurricular teacher. This study design
was using qualitative descriptive research. Descriptive qualitative data obtained
from the quality of the student movement as seen from the result of practical test
and observations of student learning activities and the activities of teachers in
theaching muli siger dance using creative learning strategy. Data collecting
technique that used in this reseach were observation, documentation and
interview. The theories used in this study were learning, muli siger dance and
creative learning strategy.
The result of learning could be seen in the end of learning process. After did the
muli siger dance learning by using creative learning strategy, the data showed
there were 1 student who get a very good criteria, 4 students get a good criteria.
Then 2 students get a enough and 3 students is not have a value,
Key words: learning, creative learning strategy, muli siger dance. |
id |
IOS4198.55837 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2019-05-07T03:33:40Z |
last_indexed |
2019-05-07T03:33:40Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096934376308736 |
score |
17.538404 |