PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CREATIVE LEARNING PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMP NEGERI 1 AMBARAWA

Main Author: DONI WIBISONO , 1113043016
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55837/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55837/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55837/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55837/
ctrlnum 55837
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER DENGAN&#xD; MENGGUNAKAN STRATEGI CREATIVE LEARNING PADA&#xD; KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMP NEGERI 1 AMBARAWA</title><creator> DONI WIBISONO , 1113043016</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>MT Musical instruction and study</subject><description>Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil&#xD; pembelajaran gerak tari muli siger dengan menggunakan strategi Creative&#xD; Learning pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 01 Ambarawa . Tujuan&#xD; dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran&#xD; gerak tari muli siger .&#xD; Sumber data dalam penelitian ini adalah 10 siswi kelas VII dan VIII yang&#xD; mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan 1 guru pembimbing ekstrakurikuler.&#xD; Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data&#xD; deskriptif kualitatif diperoleh dari kualitas gerak siswa yang dilihat dari hasil tes&#xD; praktik dan pengamatan aktivitas belajar siswa serta aktivitas guru dalam&#xD; pembelajaran tari muli siger menggunakan strategi Creative Learning. Teknik&#xD; yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengamatan, dokumentasi dan&#xD; wawancara. Teori yang digunakan adalah pembelajaran, tari muli siger dan&#xD; strategi pembelajaran creative learning.&#xD; Hasil pembelajaran dilihat pada akhir pembelajaran. Setelah dilaksanakan&#xD; pembelajaran gerak tari muli siger dengan menggunakan strategi Creative&#xD; Learning pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 01 Ambarawa ternyata 1&#xD; siswa mendapatkan kriteria Baik Sekali, 4 siswa mendapatkan kriteria Baik .&#xD; Selain itu 2 siswa mendapatkan kriteria Cukup. Sementara 3 siswa tidak&#xD; mendapatkan penilaian.&#xD; Kata kunci : pembelajaran, strategi creative learning, tari muli siger.&#xD; &#xD; ABSTRACT&#xD; &#xD; Formulation of the problem in this research was how the learning process and&#xD; learning outcomes of muli siger dance learning using creative learning strategy in&#xD; extracurricular activities at SMPN 01 Ambarawa. This reseach is aimed to&#xD; describe the process and result of learning muli siger dance.&#xD; Source of data in this study were 10 seven and eight grade student who&#xD; participated in extracurricular and 1 extracurricular teacher. This study design&#xD; was using qualitative descriptive research. Descriptive qualitative data obtained&#xD; from the quality of the student movement as seen from the result of practical test&#xD; and observations of student learning activities and the activities of teachers in&#xD; theaching muli siger dance using creative learning strategy. Data collecting&#xD; technique that used in this reseach were observation, documentation and&#xD; interview. The theories used in this study were learning, muli siger dance and&#xD; creative learning strategy.&#xD; The result of learning could be seen in the end of learning process. After did the&#xD; muli siger dance learning by using creative learning strategy, the data showed&#xD; there were 1 student who get a very good criteria, 4 students get a good criteria.&#xD; Then 2 students get a enough and 3 students is not have a value,&#xD; Key words: learning, creative learning strategy, muli siger dance.</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2018-12-19</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55837/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55837/2/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/55837/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> DONI WIBISONO , 1113043016 (2018) PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CREATIVE LEARNING PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMP NEGERI 1 AMBARAWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/55837/</relation><recordID>55837</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author DONI WIBISONO , 1113043016
title PEMBELAJARAN GERAK TARI MULI SIGER DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CREATIVE LEARNING PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SMP NEGERI 1 AMBARAWA
publisher FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
publishDate 2018
isbn 9781113043016
topic LB Theory and practice of education
MT Musical instruction and study
url http://digilib.unila.ac.id/55837/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55837/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55837/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55837/
contents Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses dan hasil pembelajaran gerak tari muli siger dengan menggunakan strategi Creative Learning pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 01 Ambarawa . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran gerak tari muli siger . Sumber data dalam penelitian ini adalah 10 siswi kelas VII dan VIII yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan 1 guru pembimbing ekstrakurikuler. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data deskriptif kualitatif diperoleh dari kualitas gerak siswa yang dilihat dari hasil tes praktik dan pengamatan aktivitas belajar siswa serta aktivitas guru dalam pembelajaran tari muli siger menggunakan strategi Creative Learning. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Teori yang digunakan adalah pembelajaran, tari muli siger dan strategi pembelajaran creative learning. Hasil pembelajaran dilihat pada akhir pembelajaran. Setelah dilaksanakan pembelajaran gerak tari muli siger dengan menggunakan strategi Creative Learning pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 01 Ambarawa ternyata 1 siswa mendapatkan kriteria Baik Sekali, 4 siswa mendapatkan kriteria Baik . Selain itu 2 siswa mendapatkan kriteria Cukup. Sementara 3 siswa tidak mendapatkan penilaian. Kata kunci : pembelajaran, strategi creative learning, tari muli siger. ABSTRACT Formulation of the problem in this research was how the learning process and learning outcomes of muli siger dance learning using creative learning strategy in extracurricular activities at SMPN 01 Ambarawa. This reseach is aimed to describe the process and result of learning muli siger dance. Source of data in this study were 10 seven and eight grade student who participated in extracurricular and 1 extracurricular teacher. This study design was using qualitative descriptive research. Descriptive qualitative data obtained from the quality of the student movement as seen from the result of practical test and observations of student learning activities and the activities of teachers in theaching muli siger dance using creative learning strategy. Data collecting technique that used in this reseach were observation, documentation and interview. The theories used in this study were learning, muli siger dance and creative learning strategy. The result of learning could be seen in the end of learning process. After did the muli siger dance learning by using creative learning strategy, the data showed there were 1 student who get a very good criteria, 4 students get a good criteria. Then 2 students get a enough and 3 students is not have a value, Key words: learning, creative learning strategy, muli siger dance.
id IOS4198.55837
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2019-05-07T03:33:40Z
last_indexed 2019-05-07T03:33:40Z
recordtype dc
_version_ 1686096934376308736
score 17.538404