PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII F SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 3 GADINGREJO TP 2011 - 2012
Main Author: | Rohman, Rohman |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Universitas Lampung
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/558/1/Rohman_cover.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/2/Rohman_BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/3/Rohman_BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/4/Rohman_BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/5/Rohman_BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/6/Rohman_BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/7/Rohman_DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/8/Rohman_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/ |
ctrlnum |
558 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN
KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) DALAM MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR IPS SISWA KELAS VII F SEMESTER GENAP DI SMP
NEGERI 3 GADINGREJO TP 2011 - 2012</title><creator>Rohman, Rohman</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Pembelajaran merupakan transformasi ilmu dari para pendidik kepada peserta
didik yang hasilnya dapat dilihat pada hasil belajar siswa. Penggunaan strategi
pembelajaran diharapkan meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari
dan memahami ilmu yang ada, Hal ini akan menuntut guru dapat menyampaikan
mata pelajaran dengan strategi yang tepat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya meningkatkan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dalam menggunakan strategi
pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) dalam diskusi kelompok
kecil di kelas VII F SMP Negeri 3 Gadingrejo Pringsewu?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dalam menggunakan
strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) kelas VII di
SMP Negeri 3 Gadingrejo Pringsewu. Strategi yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode penelitian tindak kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan di kelas VII F SMP Negeri 3 Gadingrejo Pringsewu
semester genap tahun 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa dengan menggunakan
desain penelitian tindakan kelas selama tiga siklus. Tiap-tiap siklus terdisi dari 4
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian persentase ketuntasan terjadi pada siklus II dan III.</description><publisher>Universitas Lampung</publisher><date>2011-08-07</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/558/1/Rohman_cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/558/2/Rohman_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/558/3/Rohman_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/558/4/Rohman_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/558/5/Rohman_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/558/6/Rohman_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/558/7/Rohman_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/558/8/Rohman_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Rohman, Rohman (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII F SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 3 GADINGREJO TP 2011 - 2012. Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/558/</relation><recordID>558</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
Rohman, Rohman |
title |
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN
KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) DALAM MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR IPS SISWA KELAS VII F SEMESTER GENAP DI SMP
NEGERI 3 GADINGREJO TP 2011 - 2012 |
publisher |
Universitas Lampung |
publishDate |
2011 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://digilib.unila.ac.id/558/1/Rohman_cover.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/2/Rohman_BAB%20I.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/3/Rohman_BAB%20II.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/4/Rohman_BAB%20III.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/5/Rohman_BAB%20IV.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/6/Rohman_BAB%20V.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/7/Rohman_DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/8/Rohman_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unila.ac.id/558/ |
contents |
Pembelajaran merupakan transformasi ilmu dari para pendidik kepada peserta
didik yang hasilnya dapat dilihat pada hasil belajar siswa. Penggunaan strategi
pembelajaran diharapkan meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari
dan memahami ilmu yang ada, Hal ini akan menuntut guru dapat menyampaikan
mata pelajaran dengan strategi yang tepat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya meningkatkan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dalam menggunakan strategi
pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) dalam diskusi kelompok
kecil di kelas VII F SMP Negeri 3 Gadingrejo Pringsewu?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dalam menggunakan
strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB) kelas VII di
SMP Negeri 3 Gadingrejo Pringsewu. Strategi yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode penelitian tindak kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan di kelas VII F SMP Negeri 3 Gadingrejo Pringsewu
semester genap tahun 2011/2012 yang berjumlah 35 siswa dengan menggunakan
desain penelitian tindakan kelas selama tiga siklus. Tiap-tiap siklus terdisi dari 4
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian persentase ketuntasan terjadi pada siklus II dan III. |
id |
IOS4198.558 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:03:51Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:03:51Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096516506189824 |
score |
17.538404 |