STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (Studi pada PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Panjang Bandar lampung)

Main Author: RISKI NOVALIANA , 1116031096
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55698/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55698/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55698/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55698/
Daftar Isi:
  • ABSTRACT STRATEGY PUBLIC RELATIONS IN BUILDING CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (Study at PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Panjang (Persero) Bandar Lampung) By Riski Novaliana This Research is in the background by the research’s interest of the importance of maintaining the services performed by PT. Pelabuhan Indonesia II is a long branch in maintaining quality from its production quality to service. In its daily activities, PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Panjang (Persero) is required to be able to maintain good relations with its customers, because they are a company asset. In the application of Customer Relationship Services conducted by Marketing at the time of the first approach with customers, namely handling customer complaints to provide solutions to customers from complaints or problems being faced by customers. So from that the problem that the researchers will point out is how the communication strategy carried out by Public Relations in building Customer Relationship Management conducted by PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Panjang. In this study using a qualitative descriptive method, using data collection techniques carried out by in-depth interviews, observations, focus group discussions and case studies. The data in this study come from primary data and secondary data. The results showed that the public relations strategy in building customer relationship management at PT. Pelabuhan Indonesia has been quite effective and good because based on existing observations, it shows the existence of feedback / Positive response or satisfaction by the customers. The success of the public relations strategy that is applied to the public relations division and customer service is determined through customer feedback, whether the strategy is successful or not. Keywords: strategy, public relations, customer relationship management ABSTRAK STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (Studi pada PT.Pelabuhan Indonesia II Cabang Panjang (Persero) Bandar Lampung) Oleh Riski Novaliana Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti tentang pentingnya mempertahankan pelayanan yang dilakukan PT. Pelabuhan Indonesia II cabang panjang dalam menjaga mutu dari kualitas produksinya hingga pelayanan. Dalam kegiatan hariannya PT. Pelabuhan Indonesia II cabang Panjang (Persero) dituntut untuk bisa mempertahankan hubungan baik dengan pelanggannya, karena mereka merupakan aset perusahaan. Dalam penerapan Pelayanan Costumer Relationship yang dilakukan Marketing pada saat pendekatan pertama kali dengan pelanggan, yaitu menangani keluhan pelanggan sampai pada memberi solusi pada pelanggan dari komplain atau masalah yang sedang dihadapi oleh pelanggan. Maka dari itu masalah yang akan peneliti kemukakan yaitu bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Public Relations dalam membangun Customer Relationship Management yang dilakukan PT. Pelabuhan Indonesia II cabang Panjang. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, focus group discussion dan studi kasus. Data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi public relations dalam membangun customer relationship management PT. Pelabuhan Indonesia sudah cukup efektif dan baik karena berdasarkan hasil observasi yang ada menunjukkan adanya feedback/ Respon positif atau kepuasan oleh para pelanggan. Keberhasilan strategi public relations yang diterapkan pada divisi humas dan pelayan pelanggan ditentukan melalui feedback dari pelanggan, apakah strategi tersebut berhasil atau tidak. Kata kunci: strategi, public relations, customer relationship management