PENGEMBANGAN LKPD MENULIS CERPEN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SMA KELAS XI

Main Author: HUSNUL HOTIMAH, 1623041007
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55676/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55676/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55676/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55676/
Daftar Isi:
  • Keterbatasan bahan ajar menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran menulis cerpen. Dari permasalahan tersebut diperlukan tujuan penelitian ini ialah menghasilkan produk berupa LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik) menulis cerpen berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas XI SMA. Hal ini dimaksudkan untuk membantu siswa dalam menggali ide dan gagasannya ke dalam sebuah bentuk teks cerpen. Pengembangan bahan ajar didasarkan kebutuhan siswa yang kesulitan untuk mengembangkan ide dalam menulis teks cerpen. Penggunaan atau basis kearifan lokal dimaksudkan untuk memudahkan siswa mengembangkan ide dan gagasannya menjadi tulisan teks cerpen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D). Penelitian dilaksanakan dengan mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah dalam penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket pada tiga sekolah di Provinsi Lampung yaitu SMA Al-Huda Jati Agung Lampung Selatan, SMA Tri Sukses Natar Lampung Selatan, dan SMA Negeri 1 Abung Barat Lampung Utara tahun pelajaran 2018/2019. Validasi rancangan produk dilakukan oleh ahli/pakar yang relevan dan penilaian teman sejawat kemudian diujicobakan kepada peserta didik di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Produk yang telah dikembangkan adalah LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) menulis cerpen berbasis kearifan lokal, (2) telah dilakukan uji ahli (uji materi, uji praktisi, dan uji media) dengan kelayakan yakni 87%, 88%, dan 86%, (3) berdasarkan uji coba di sekolah, guru dan siswa dari tiga sekolah memberikan penilaian kelayakan kepada LKPD menulis cerpen berbasis kearifan lokal. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa materi/bahan ajar berupa LKPD menulis cerpen berbasis kearifan lokal layak digunakan dalam pembelajaran teks cerpen kelas XI. Kata kunci: LKPD, Menulis Cerpen, Kearifan Lokal. THE DEVELOPMENT OF LKPD WRITING SHORT STORIES BASED ON LOCAL WISDOM FOR CLASS XI HIGH SCHOOL STUDENTS The limitations of teaching materials are one of the problems faced by teachers in the learning process, especially learning to write short stories. From these problems, the purpose of this research is to produce a product in the form of LKPD (Student Activity Sheet) to write local wisdom based short stories for high school students of class XI. This is intended to help students explore ideas and ideas in a short text form. The development of teaching materials is based on the needs of students who have difficulty developing ideas in writing short story texts. The use or basis of local wisdom is intended to make it easier for students to develop their ideas and ideas into short story text. This research uses Research and Development (R & D) research and development methods. The research was carried out by adapting seven of the ten steps in research and development. This research was conducted through observation, interviews, and questionnaires at three schools in Lampung Province, namely Al-Huda Jati Agung High School, South Lampung, Tri Sukses Natar High School, South Lampung, and Abung Barat 1 State High School North Lampung 2018/2019 academic year. Validation of product design is carried out by relevant experts / experts and peer evaluations are then tested on students at the school. he results show that, (1) Products that have been developed are LKPD (Student Worksheets) writing short stories based on local wisdom, (2) expert testing (material testing, practitioner testing, and media testing) with feasibility of 87%, 88%, and 86%, (3) based on trials in schools, teachers and students from three schools gave feasibility assessments to LKPD writing short stories based on local wisdom. The results of the assessment show that the teaching material / material in the form of LKPD writing short stories based on local wisdom is appropriate for use in learning short story text in class XI. Keywords: LKPD, Writing Short Story, Local Wisdom.