PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV NEGERI 1 WAY HALIM PERMAI BANDAR LAMPUNG
Main Author: | SALSABILA NOVIYANTI , 1343053033 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55658/1/ABSTRAK-ABSTRACT.pdf http://digilib.unila.ac.id/55658/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55658/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55658/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan preexperiment. Adapun desain one group Pretest-Postest. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD, yg berjumlah sebanyak 26 orang. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi dan tes, sedangkan analisis data di lakukan degan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two terhadap hasil belajar IPS. Hal ini berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPS. Kata kunci : hasil belajar, Kooperatif tipe Two Stay Two Stray pembelajaran IPS ABSTRACT The problem in this study is the still low social studies learning outcomes for students. This study aims to determine the effect of using the Two Stay Two Stray type Cooperative learning model on social studies learning outcomes. This research is a type of quantitative research with a pre-experiment approach, as well as the design of one group Pretest-Posttest. The subjects in this study were grade IV elementary school students, namely as many as 26 people. Data collection is done by using observation and test techniques, while data analysis is done with a simple linear regression formula. The results of the study showed that there was an effect of using the Cooperative Type Two Stay Two learning model on social studies learning outcomes. This means that learning using the Cooperative Type Two Stay Two Stray learning model can help improve social studies learning outcomes. Kata kunci : learning outcomes, Two Stay Two Stray,IPS