PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS IX SMP/MTs

Main Author: ERA OCTAFIONA, 1523041018
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55654/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55654/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55654/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55654/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa buku teks menulis cerpen dengan model project based learning untuk siswa kelas IX SMP/MTs, dan (2) menguji serta mendeskripsikan kelayakan buku teks menulis cerpen dengan model project based learning yang dikembangkan berdasarkan ahli materi, ahli media, teman sejawat, dan siswa SMP/MTs. Metode penelitian mengacu pada metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang meliputi 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket pada tiga sekolah di Bandar Lampung yang meliputi SMP Negeri 13 Bandar Lampung, SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung, dan SMP IT Global Madani Bandar Lampung pada tahun pelajaran 2017/2018. Validasi rancangan produk dilakukan oleh ahli/pakar yang relevan, yaitu ahli materi, ahli media, penilaian teman sejawat, kemudian diujicobakan kepada siswa SMP/MTs tersebut. Buku teks pada penelitian ini layak digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen di SMP/MTs. Hal ini terlihat dari hasil uji ahli materi dan hasil uji ahli media yaitu dikategorikan layak untuk diproduksi setelah adanya revisi dan perbaikan sesuai dengan saran pakar/ahli. Uji kelayakan bahan ajar oleh guru Bahasa Indonesia pada kelas IX di SMPN 13 Bandar Lampung, SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung, dan SMP IT Global Madani Bandar lampung didapat nilai rata-rata 91 dengan kategori sangat layak. Uji coba produk pada kelas kecil dilakukan sebagai bentuk evaluasi awal sebelum diujicobakan di kelas besar dengan perolehan nilai sebesar 90,55 dengan kategori layak diujicobakan. Uji kelas besar dilakukan sebagai bentuk evaluasi rancangan produk buku teks dengan nilai sebesar 85,42 dengan kategori layak. Berdasarkan angket uji coba kelayakan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan buku teks menulis cerpen dengan model project based learning layak digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas XI SMP/MTs. Kata Kunci: Menulis Cerpen, Buku Teks, dan Model Project Based Learning ABSTRACT This research aims to (1) to produce the product of textbook writing short story based on project based learning models for grade IX junior high school, and (2) to test and to describe the textbook feasibility of writing short story based on project based learning models that are developed based on material experts, media experts, peer assessment, and junior high school student. The method of this research is in accordance to the research and development Borg and Gall such as 1) potency and problem, 2) data collection, 3) product design, 4) design validation, 5) design improvement, 6) product trial, 7) product final revision. This research was conducted through observation, interview, and questionnaire dissemination of three school in Bandar Lampung including SMP Negeri 13 Bandar Lampung, SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung, SMP IT Global Madani Bandar Lampung academic year 2017/2018. Validation of product design is carried out by relevant experts in material and media, peer assessment, then tested to the junior high school students. Textbook use in this study fit in learning to write short story at jenior high school. This can be seen from the assessment of learning material experts and instructional media experts of textbooks writing short stories through project based learning models categorized as feasible to be produced after revisions and improvements in accordance with expert advice. Feasibility material test done by practitioners teachers Bahasa Indonesia in class IX at SMPN 13 Bandar Lampung, SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung, and SMP IT Global Madani Bandar lampung obtained an average value 91 with very eligible category. The test product on small classes performed as the initial evaluation form before tested in a large classroom with the acquisition value of 90.55 with eligible category. Big class test conducted as a from evaluation of teaching material design with the acquisition value of 85,42 with eligible category. Based on the questionnaires that has been done, it can be concluded that textbook of writing short story project based learning deserves to be used as teaching material for class IX in junior high school. Keyword: Project Based Learning Models, Textbook, and Writing Short Story.