PENGARUH KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS 2 SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Author: ANWAR SIDIK, 1113033010
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55650/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55650/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55650/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55650/
Daftar Isi:
  • Kemandirian belajar merupakan salah satu sikap siswa yang akan mempengaruhi hasil belajar sejarah. Sikap kemandirian ini yang nantinya akan mendorong siswa untuk belajar mandiri dalam belajar sejarah di dalam kelas. Siswa akan selalu berusaha untuk mencapai hasil belajar sejarah-nya dengan baik. Selain dari pada itu, siswa akan lebih mandiri dalam belajar sejarah, sehingga mereka tidak mudah putus asa, percaya diri dan memiliki rasa tanggung jawab dalam mencapai hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Kemandirian terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Kotagajah Tahun Ajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Kemandirian Siswa terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Kotagajah Tahun Ajaran 2018/2019? . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kemandirian siswa terhadap hasil belajar siswa. Pengaruh kemandirian siswa ini memberikan manfaat yang baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang berarti semakin maksimal kemandirian siswa dalam belajar rmaka akan semakin baik dalam meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Kemandirian, Pengaruh, Hasil Belajar