PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017)
Main Author: | MUHAMMAD VIQI ADITIO , 1313021053 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55648/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55648/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55648/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55648/ |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun ajaran 2016-2017 yang terdistribusi dalam 11 (sebelas) kelas, yaitu kelas VIII A sampai VIII K. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih siswa pada kelas VIII A dan VIII D sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep matematis siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, pemahaman konsep matematis siswa, think pair share.