PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMPN 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | Romanda Pratama Putra, 1413041065 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55625/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55625/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55625/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55625/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaiman perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kegiatan pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas 7 SMP Negeri 7 Bandar Lampung dari kegiatan perencanaan yang disusun oleh guru berupa perencanaan pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran berupa aktivitas guru dan siswa, serta penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, dan rekaman. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah: (1) mengamati data yang telah diperoleh berdasarkan instrumen analisis perencanaan, mengamati pelaksanaan pembelajaran yang meliputi aktivitas guru dan siwa, dan mengamati penilaian pembelajaran, (2) mengamati data yang berupa rencana pelaksanaan pembelajaran yang teah dirancang oleh guru, lalu ii dideskripsikan dalam bentuk uraian atau berupa teks yang bersifat deskriptif, (3) menyimpulkan kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran berupa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap siswa. Hasil penilaian menunjukan bahwa guru telah melakukan ketiga tahap kegiatan pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran, guru membuat rencana rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponenkomponen RPP pada kurikulum 2013 yang meliputi beberapa komponen yang tertera dalam RPP, yang diantaranya adalah: (1) identitas mata pelajaran, (2) perumusan indikator, (3) perumusan tujuan pembelajaran, (4) pemilihan materi ajar, (5) pemilihan sumber belajar, (6) pemilihan media belajar, (7) model pembelajaran, (8) skenario pembelajaran, (9) penilaian pembelajaran. Kemudian, pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua ativitas, yaitu aktivitas guru dan siswa. Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Sedangkan, aktivitas pada siswa meliputi: (1) aktiivitas mengamati, (2) aktivitas menanya, (3) aktivitas menalar, (4) aktivitas mencoba, dan (5) aktivitas mengomunikasikan. Selanjutnya, penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Kata kunci: Pembelajaran, menulis, teks deskripsi.