PENGARUH AKTIVITAS PERMAINAN FINGER PAINTING TERHADAP PENGENALAN WARNA ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK BELA BANGSA MANDIRI BANDAR LAMPUNG

Main Author: SEPTIA ANGGRAINI, 1413054046
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55582/1/ABSTRAK%20INGGRIS%20-%20INDONESIA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55582/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55582/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55582/
Daftar Isi:
  • Masalah pada penelitian ini adalah belum berkembangnya pengenalan warna pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas permainan finger painting pada anak usia 5-6 tahun terhadap pengenalan warna. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat preexperimental dengan desain simple randomized. Sampel penelitian menggunakan multistage random sampling sebanyak 30 anak kelas eksperimen dan 27 anak kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Uji-t dua sample bebas dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaaan pengenalan warna antara anak yang belajar menggunakan permainan finger painting dengan anak yang belajar tanpa menggunakan permainan finger painting dan ada pengaruh aktivitas permainan finger painting terhadap pengenalan warna pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Bela Bangsa Mandiri Bandar Lampung, hal ini terbukti bahwa pengenalan warna anak dengan menggunakan aktivitas permainan finger painting mengalami peningkatan. Kata Kunci : aktivitas, finger painting, dan pengenalan warna abstract The problem in this study was the lack of color recognition in children aged 5-6 years. This study ared to determine the influence of finger painting activity on children aged 5-6 years. This type of research was a quantitative research that is pre-experimental with a simple randomized design. The study sample used a multistage random sampling of 30 experimental class children and 27 control class children. Data collection techniques used are observation and documentation. While the data analysis used is two free sample t-test and simple linear regression analysis. The results showed that there were differences in color recognition between children who learned to use finger painting games with children who learned without using finger painting games and there was the influence of finger painting activity on color recognition on children in group B aged 5-6 years at Bela Bangsa Mandiri Bandar Kindergarten Lampung, it is proven that the color recognition of children by using finger painting activity has increased. Keywords: activity, finger painting, and color recognition