PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS & SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

Main Author: AFLAH MUFIDATUL MAHMUDAH, 1523021006
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55569/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55569/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55569/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55569/
Daftar Isi:
  • Pengembangan LKPD berbasis mind mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD matematika dan mengetahui efektivitas penggunaan produk LKPD matematika berbasis mind mapping pada kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy peserta didik. Tahapan penelitian pengembangan ini yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan desain, uji coba awal, revisi, uji lapangan, dan penyempurnaan produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Muhammadiyah 1 Marga Tiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy peserta didik. LKPD matematika berbasis mind mapping yang dikembangkan telah valid menurut ahli materi dan ahli media. Hasil Respon peserta didik dan guru matematika menunjukan bahwa LKPD termasuk dalam kategori praktis. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy peserta didik mengalami peningkatan dengan menggunakan LKPD matematika berbasis mind mapping dengan N-Gain komunikasi matematis 0,77 dan pencapaian indikator self efficacy peserta didik 68,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD matematika berbasis mind mapping layak digunakan, karena memenuhi kriteria valid, praktis, termasuk dalam kategori baik dan mampu meningkatkan komunikasi matematis dan self efficacy peserta didik Kata kunci : Mind Mapping, Komunikasi Matematis, Self Efficacy.