HUBUNGAN PERSEPSI KOMUNIKASI BERPUSAT PADA PASIEN DENGAN KEPUASAN PADA PASIEN KONTROL DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS KEDATON BANDAR LAMPUNG

Main Author: AGNES TRILANSIA PRATIWI, 1518011088
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Kedokteran , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55552/1/ABSTRACT%20%28ABSTRAK%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55552/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55552/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55552/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Komunikasi antara dokter dan pasien adalah salah satu kemampuan interpersonal yang sangat penting dan harus diterapkan di tempat pelayanan kesehatan. Komunikasi berpusat pada pasien yang terjalin dengan baik akan berdampak baik terhadap kepatuhan dan kepuasan pasien dalam menjalani pengobatan penyakitnya. Salah satu penatalaksanaan penyakit kronik yang membutuhkan kepatuhan pasien adalah diabetes melitus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi komunikasi berpusat pada pasien dengan kepuasan pasien kontrol DM tipe 2 di puskesmas Kedaton Bandar Lampung. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode rancangan cross sectional (studi potong lintang) di Puskesmas Kedaton Bandar Lampung dengan jumlah 60 responden. Variabel bebas dalam penelitian adalah persepsi komunikasi berpusat pada pasien dan variabel terikat adalah kepuasan pasien. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner persepsi komunikasi berpusat pasien dan kuesioner kepuasan pasien kepada responden. Kuesioner terdiri dari 20 item pertanyaan menggunakan skala Likert dengan skor 1=sangat tidak setuju, sampai =sangat setuju dengan total skor adalah 20-80. Hasil: Hasil penelitian dari uji korelasi Pearson yaitu koefisien korelasi sebesar 0,683 dengan nilai signifikansi 0,00 (sig.<0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan bermakna antara persepsi komunikasi berpusat pada pasien dengan kepuasan pasien kontrol DM tipe 2 di puskesmas Kedaton Bandar Lampung. Kata kunci: diabetes melitus, kepuasan pasien, persepsi komunikasi berpusat pada pasien.