PENINGKATAN SIKAP POSITIF TERHADAP POSITIVE RELATIONS WITH OTHERS MENGGUNAKAN BIIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: Diah Marantika, 1443052004
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55533/1/Abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55533/2/Skripsi%20Full.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55533/3/Skripsi%20Tanpa%20Bab%20Pembahasan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55533/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah sikap negatif terhadap positive relations with others. Tujuan penelitian untuk meningkatkan sikap positif terhadap kesejahtraan psikologis khususnya dimensi positive relations with others. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah quasi eksperimen dengan desain untreated control group design with dependen pretest and posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap positive relations with others. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap positive relations with others dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing, hal ini ditunjukkan hasil uji Mean Whitney. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai (Sig.) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima, artinya bahwa terdapat peningkatan sikap terhadap positive relations with others setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok eksp erimen. Kesimpulannya adalah sikap positif terhadap positive relations with others dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok eksperimen di SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Bimbingan dan Konseling kelompok, Teknik Role Playing, Positive Relations With Others.