ANALISIS PERMINTAAN OBYEK WISATA PANTAI MUTUN DI KABUPATEN PESAWARAN DENGAN METODE BIAYA PERJALANAN (TRAVEL COST METHOD)
Main Author: | MUTHIA TAZAKKA , 1311021062 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55519/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55519/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55519/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55519/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) pengaruh waktu, biaya perjalanan, pendapatan, dan alternatif wisata lain terhadap permintaan obyek wisata Pantai Mutun. (2) mengukur nilai ekonomi obyek wisata Pantai Mutun. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode biaya perjalanan dan menggunakan 70 sampel pengunjung Pantai Mutun.Alat analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS) dengan jumlah kunjungan ke obyek wisata Pantai Mutun sebagai variabel terikat, dan terdapat empat variabel bebas yaitu jarak, biaya perjalanan, pendapatan, dan alternatif wisata lain. Hasil penelitian menunjukkan empat variabel berpengaruh dan signifikan terhadap jumlah kunjungan ke Pantai Mutun adapun variabel tersebut yaitu variabel waktu, biaya perjalanan, pendapatan, dan alternatif wisata lain. Nilai ekonomi obyek wisata Pantai Mutun adalah sebesar Rp4.076.718.000.000,00. Kata kunci: Metode Biaya Perjalanan, Nilai Ekonomi, Pantai Mutun, Permintaan. abstrac The purpose of the research are to analyze: (1) the effect of time, travel cost, income, and the other tourism alternative toward demand of Mutun Beach. (2) to measure the economic value of Mutun Beach. Data resources which is used are derived from primary data and secondary data. This research used Travel Cost Method and used 70 tourist sample in Mutun Beach.The analysis tool in this research is linear regression with Ordinary Least Square (OLS) method with the number of visits to Mutun Beach as the dependent variable, and four independent variables is distance, travel cost, income and other tourism alternative. The result showed that: four variables affect and significant of visits to Mutun Beach those are distance, travel cost, income and the other tourism alternative. The results also show that economics value of Mutun Beach is due to Rp4.076.718.000.000,00. Keywords: Demand, Economic Value, Mutun Beach, Travel Cost Method.