PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 LAWANG KIDUL
Main Author: | SHELLA OKTRIVIANI , 1413024066 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55497/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55497/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55497/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55497/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII 4 dan VIII 7 SMP Negeri 1 Lawang Kidul. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan desain non equivalent pretes-postes control group design. Hasil aktivitas peserta didik dianalisis secara deskriptif, sedangkan nilai pretes-postes dan n-Gain dianalisis dengan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pembelajaran menggunakan model discovery learning terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua. Hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan model discovery learning berpengaruh signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pokok “Sistem Peredaran Darah Manusia”. Kata kunci: aktivitas belajar, discovery learning, hasil belajar, sistem peredaran darah manusia