PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG

Main Author: SISKA ULFIANA , 1413024069
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55492/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55492/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55492/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55492/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran atau informasi mengenai pengaruh penerapan model discovery learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non equivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII F dan VII G berjumlah 60 siswa yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Data rata-rata nilai pretest, posttest dan N-Gain sebagai hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan Independent Sample t-test pada taraf kepercayaan 5% menggunakan bantuan program SPSS 17.0. Hasil analisis data yang menggunakan Uji t-test yang menunjukan hasil nilai sig. (2-tailed) 0,009<0,05 yang berarti N-gain rata-reata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Kata kunci : Model Discovery Learning, Keterampilan berpikir kritis, Pencemaran Lingkungan