PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN SELF EFFICACY PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | MUTIARA MUSTAPA, 1213033052 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55475/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55475/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55475/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55475/ |
Daftar Isi:
- Hakekat penyelenggaraan pendidikan adalah untuk menjadi solusi bagi persoalanpersoalan yang dihadapi generasi bangsa pada masa depan. Maka seorang guru dituntut agar dapat mengembangkan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik terutama membangun kemampuan mentalnya. Salah satunya adalah keyakinan diri yaitu kemampuan self efficacy. Model Pembelajaran yang dapat diterapkan untuk membangun kemampuan self efficacy adalah model pembelajaran probing prompting. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan self efficacy dimensi generalisasi pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan self efficacy dimensi generalisasi pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian yaitu one group pretest-posttest desaign. Sampel dipilih secara random menggunakan teknik simple random sampling Uji analisis data dilakukan dengan uji normalitas dengan hasil kemampuan akhir χhitung < χtabel dan uji linieritas didapatkan hasil Fhitung < F table. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji regresi linier sederhana untuk mendapatkan hasil persamaan regresi. Hasil tersebut selanjutnya dilakukan pengujian terhadap koefesien korelasi dengan hasil thitung=6,12 dan ttabel= 2,04. Hasil tersebut menujukkan bahwa thitung > ttabel , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, kemudian disimpulkan bahwa Ada pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan self efficacy dimensi generalisasi pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017-2018.