HUBUNGAN ACTIVE LEARNING AND CRITICAL THINKING DENGAN IPK MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG
Main Author: | CHRISTI NATALIA SIRAIT, 1518011058 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Kedokteran
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55423/1/Abstrak%20%28Abstract%29.pdf http://digilib.unila.ac.id/55423/2/Skripsi%20Full.pdf http://digilib.unila.ac.id/55423/3/Skripsi%20Tanpa%20Bab%20Pembahasan.pdf http://digilib.unila.ac.id/55423/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang Pendekatan dalam proses pembelajaran dapat dikelompokkan dalam 2 kelompok yaitu pendekatan inovatif (Student Centered Learning) yang juga dikenal sebagai pendekatan SPICES (1) Student-centered, (2) Problem based, (3) Integrated, (4) Community Based, (5) Elective, (6) Systematic dan pendekatan tradisional (Teacher Centered Learning). Model pembelajaran SPICES pada Fakultas Kedokteran Universitas Lampung melibatkan mahasiswa untuk belajar secara aktif (active learning) dan memicu mahasiswa untuk berpikir kritis (critical thinking). Dalam penelitian ini untuk melihat hasil dari proses pembelajaran adalah dengan menggunakan IPK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan active learning and critical thinking dengan IPK pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional study. Sampel penelitian ini terdiri dari 141 mahasiswa angkatan 2015 yang ditentukan dengan total sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur berupa kuesioner Self Assessment Scale on Active Learning And Critical Thinking (SSACT) dan data Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil Hasil penelitian menunjukan bahwa active learning dan critical thinking mahasiswa sebagian besar dalam kategori ambivalen (66,0%) serta untuk indeks prestasi kumulatif sebagian besar dalam kategori sangat memuaskan (53,2%). Berdasarkan analisis bivariat dengan uji Chi-Square didapatkan nilai p 0,001 (<0,05) artinya didapatkan hubungan yang bermakna. Simpulan Terdapat hubungan antara active learning and critical thinking dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: Active learning, Critical thinking, SSACT, IPK.