PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMKN 7 BANDAR LAMPUNG

Main Author: NURAINI, 1423031047
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55366/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55366/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55366/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55366/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiminat dan hasil belajar kognitif Akuntansisiswa dengan menggunakan model pembelajaranProblem Posing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.Subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Bandar Lampung pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 35 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan aktivitas belajar dengan tujuh indikator keberhasilan yaitu: 1) Perasaan senang belajar Akuntansi 2) Tertarik belajar Akuntansi 3) Konsentrasi belajar Akuntansi 4) Ketekunan belajar Akuntansi 5) Kegairahan belajar Akuntansi 6) Keaktifan belajar Akuntansi 7) Keingintahuan materi pelajaran Akuntansi 8) Keterlibatan siswa saat belajar Akuntansi 9) Melekatnya pengetahuan siswa terhadap pelajaran Akuntansi dan 10) Perhatian siswa saat belajar Akuntansi. Data dari hasil observasi dan tes formatif pada setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat peningkatan minat belajar dan hasil belajar kognitif siswa disetiap siklus setelah penggunaan model pembelajaran Problem Posingpadamata pelajaran Akuntansi. Kata Kunci : Minat belajar, Akuntansi, Problem Posing. THE IMPLEMENTATION PROBLEM POSSING MODEL TO IMPROVE THE STUDENTS’ LEARNING ACCOUNTING INTEREST AT THE ACCOUNTING TENTH GRADE OF SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG The purpose of this research is to know the interest and the result of the students’ accounting cognitive learning by using problem posing learning model. This research is an action research. The activity of this research was conducted a number of three cycles, every cycle consist of twice meeting which consist of planning stage, action, observation, and reflection, which is aim to improve learning quality. The subject of this research was the students’ of accounting tenth grade SMK Negeri 7 Bandar Lampung at the second semester in academic year of 2016 /2017 a number 35 students. The data collecting technique used observation learning activity sheet with seven indicators of success namely : 1) feelings of pleasure to learn accounting 2) interest to learn accounting 3) concentration to learn accounting 4) perseverance to learn accounting 5) excitement to learn accounting 6) liveliness to learn accounting 7) curiosity of accounting lesson material 8) students’ involvement while studying accounting 9) attachment of students’ knowledge toward accounting lesson and 10) students’ attention while studying accounting. The data of observation result and formative test on each cycle become the basic or repair material on the next cycle. The result of research show that : there is improvement of learning interest and result of the students’ cognitive learning on each cycle. After using model in learning problem posing accounting subject. Key word : learning interest, accounting, problem posing.