EFEKTIVITAS MODEL RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 8 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2018/2019)
Main Author: | HANGGORO MUKTI , 1413021032 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55354/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55354/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55354/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55354/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model reciprocal teaching ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling, terpilih kelas VIII-B dan VIII-D. Data penelitian ini berupa data kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis uji hipotesis menunjukkan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik, dan persentase siswa dengan kemampuan pemecahan masalah terkategori baik lebih dari 60% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan reciprocal teaching. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model reciprocal teaching efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, pemecahan masalah matematis, reciprocal teaching