SINERGI JASA RAHARJA, KEPOLISIAN DAN RUMAH SAKIT DALAM PELAYANAN JASA ASURANSI KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi pada Jasa Raharja Cabang Bandar Lampung)
Main Author: | MALKA PRIMA, 1526021012 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55310/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55310/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55310/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55310/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya sumber daya manusia di Jasa Raharja sehingga berdampak pada lambatnya dalam merespon informasi korban kecelakaan, sering terlambatnya laporan dari Kepolisian yang menimbulkan santunan yang disalurkan tidak tepat waktu, masyarakat enggan untuk melaporkan kejadian kecelakaan tepat pada waktu terjadinya kecelakaan kepada Kepolisian, kurang transparannya Kepolisian dan Rumah Sakit dalam memberikan data atau informasi korban kecelakaan lalu lintas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Jasa Raharja, Kepolisian dan Rumah Sakit dalam memberikan pelayanan jasa asuransi kepada korban kecelakaan lalu lintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model Spradley analisis taksonomi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di ketahui bahwa: (1) Hubungan antara Jasa Raharja dengan Kepolisian dalam pemberian pelayanan kepada korban kecelakaan lalu lintas sudah berjalan baik sebelum terjadi kecelakaan maupun sesudah kecelakaan namun masih perlu adanya evaluasi mengingat kepolisian belum sepenuhnya transparan dalam memberikan informasi tentang korban kecelakaan dan penerbitan laporan polisi, laporan polisi sangat diperlukan korban kecelakaan yang merupakan bagian dari syarat pengajuan klaim atau jaminan biaya perawatan ke Jasa Raharja. (2) Hubungan antara Jasa Raharja dengan RSUD dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung sudah baik namun masih perlu untuk ditingkatkan lagi hal itu dikarenakan pihak RSUD dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung masih kurang terbuka dalam memberikan informasi korban kecelakaan lalu lintas hal itu berdampak pada lambatnya penerbitan laporan polisi dan surat jaminan dari Jasa Raharja serta rawannya manipulasi data pengajukan klaim ke Jasa Raharja. (3) Hubungan antara Jasa Raharja, Kepolisian dan Rumah Sakit dalam memberikan pelayanan jasa asuransi kepada korban kecelakaan lalu lintas masih berjalan kurang baik hal itu dikarenakan tidak adanya penandatangan MoU secara bersama-sama pada hal dengan adanya MoU bersama maka akan mempercepat pelayanan di Rumah Sakit, mempersingkat proses administrasi klaim santunan serta mempermudah korban kecelakaan lalu lintas mendapatkan surat laporan polisi. Kata Kunci: Sinergi, Pelayanan Asuransi, Kecelakaan Lalu Lintas ABSTRACT The problem in this research is the lack of human resources Services Raharja so impacted on the slowness in responding to the accident victim information, often terlambatnya reports from the Police that raises compensation channeled inappropriately time, people are reluctant to report the accident right at the time of the accident to the Police, lack of transparent Policing and Hospitals to provide data or information the victims of traffic accidents. The goal in this research is to know the relationship between the service and the Police, Jasa Raharja Hospital in providing insurance services to victims of traffic accidents. The methods used in this research is qualitative method with the data analysis techniques using model analysis of taxonomic Spradley. Based on the results of the research it can be in the know that: (1) The relationship between Services with Police in granting Jasa Raharja service to victims of traffic accidents has been running well before an accident and after the accident but still need for evaluation given the Police Department has not fully transparent in providing information about the victims of the accident and the publication of the police report, police report a much-needed crash victim who was part of the requirement of filing a claim or collateral maintenance costs to the service Jasa Raharja. (2) The relationship between the services of the Regional General Hospital Dr. h. Abdul Moeloek province of Lampung is already good but still need to be improved anymore it is because the party's Regional General Hospital Dr. h. Abdul Moeloek Province of Lampung still less open in informing victims traffic accident it did have an impact on the slowness of the publication of the police report and a letter of guarantee of the service rawannya as well as data manipulation raharja ask claims to the service Jasa Raharja. (3) The relationship between the service and the Police, Jasa Raharja Hospital in providing insurance services to victims of traffic accidents still running less good it is because the absence of the signing of the MoU together on the existence of MoU together then it will speed up the service in hospitals, shorten the process of compensation for claims administration and ease the traffic accident victims getting police reports. Keywords: Synergy, Service Insurance, Traffic Accidents