HUBUNGAN KOMPETENSI GURU PENDAMPING KHUSUS (GPK) DAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD INKLUSIF SE-KOTA METRO
Main Author: | YULIANA MARFUAH , 1413053149 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55289/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55289/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55289/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55289/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Inklusif se-Kota Metro. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan signifikan kompetensi guru pendamping khusus (GPK) dengan hasil belajar ABK, hubungan yang signifikan sarana prasarana pembelajaran dengan hasil belajar ABK, dan hubungan yang signifikan kompetensi guru pendamping khusus (GPK) dan sarana prasarana pembelajaran dengan hasil belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Inklusif se-Kota Metro. Jenis penelitian ini yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 51 guru dan sampel penelitian sebanyak 31 guru. Alat pengumpul data yaitu observasi, kuesioner/angket dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan yang signifikan kompetensi GPK dengan hasil belajar ABK ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,365 berada pada taraf rendah, terdapat hubungan yang signifikan sarana prasarana pembelajaran dengan hasil belajar ABK ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,603 berada pada taraf kuat, dan terdapat hubungan yang signifikan skompetensi GPK dan sarana prasarana pembelajaran dengan hasil belajar ABK ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,629 berada pada taraf kuat. Kata kunci: hasil belajar ABK, kompetensi GPK, sarana prasarana pembelajaran