MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS DI SMA YADIKA NATAR TAHUN 2018
Main Author: | EFI YULIA, 1443033002 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55284/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55284/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55284/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55284/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS DI SMA YADIKA NATAR TAHUN 2018 OLEH EFI YULIA Belajar dan mengajar pada dasarnya adalah interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam situasi pendidikan. Kegiatan belajar bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri antara lain tingkah laku. Salah satunya adalah minat belajar. Faktor yang dapat membangkitkan minat belajar adalah faktor bahan pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. Salah satu sumber belajar yang dapat dijadikan guru dalam melakukan pembelajaran yang selaras adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar yang efektif antara siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Apakah minat belajar sejarah yang diajarkan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat meningkat pada siswa kelas XII IPS di SMA Yadika Natar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 31 Siswa di Kelas XII IPS, sampel yang digunakan sampel total atau sampek jenuh yaitu sebanyak dari jumlah populasi yang ada. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat meningkat dan bersifat positif pada peserta didik dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi menunjukkan nilai t hitung 4,857> t tabel 1,6938 dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Kata kunci : lembar kerja peserta didik, minat belajar, sejarah.